Pertama,
Usaha Pabrikasi ( manufacturing) menjual produk yang dihasilkan sendiri contoh
industry sepatu,tas,mukena dsb.permasalahan kelompok tidak bisa memasarkanya,maka diperluhkan strategi
penjualan direct selling yaitu sipenjual
mendatangi calon pembeli,menawarkan produk dan sekaligus menjualnya.
Kedua,Usaha Perdagangan
(Trading) membeli sebuah produk,lalu menjualnya kembali dengan mengharapkan
keuntungan contoh anggota kelompok membeli pakaian kemudian menjualnya kembali.
Permasalahan dalam anggota kelompok hanya menjual tidak tahu segmenya. Akibatnya
barangnya banyak yang tidak laku .maka strategi yang diperluhkan adalah harus
jelas Potensial Marketnya,artinya mengetahui
orang yang akan membeli produk yang kita jual sekaligus memiliki
kemampuan untuk membelinya.jangan hanya menjual tapi tidak mengetahui siapa
yang akan membeli (segmen).
Ketiga,Jasa
( Service) Usaha ini bisa menghasilkan namun lebih menfokuskan pada pelayanan
atas produk tersebut,contoh Fotocopy,rental,restoran dsb, permasalahan yang
sering ada dikelompok hanya menfokuskan kepada penjualan tidak berusaha
meningkatkan pelayanananya sehingga pembeli mudah pindah ke tempat yang
menawarkan pelayanan yang prima. maka strategi yang sesuai untuk usaha jasa
adalah peningkatan pelayanan yang lebih cepat,ramah dan tepat waktu serta
perbaikan bukti fisik yang langsung dilihat oleh pembeli seperti interior
ruangan ,kebersihan.
Keempat,Agrobisnis,jenis usaha yang berkaitan
erat dengan pengolahan kekayaan alam baik nabati maupun hewani misalnya usaha
perkebunan, pertanian. Dikelompok SPP pun,mudah kami temui,kaum perempuan
mengolah hasil kebunnya seperti sayuran kemudian menjualnya, namun permasalahan
yang ada dikelompok kesulitan mendistribusikannya karena biasanya faktor
jarak,waktu dan untuk hal tersebut diperluhkan strategi distribusi yang efektif
dan tepat dengan cara menghubungkan
jaringan yang lebih luas antara petani ke pedagang perantara dan pedagang
besar. Analisis yang tepat dan obyektif
mengenai jenis usaha dan potensi usaha kelompok SPP membuat kita memilih
strategi yang tepat untuk pengembangan usaha kelompok . (FK
Watang Sidenreng, Sidrap)
0 comments:
Post a Comment