Friday, July 11, 2014

Memaknai Usaha Kelompok SPP PNPM-MPd

BY Unknown No comments

    
Menjadi  Fasilitator kecamatan PNPM-MP memberikan kita banyak ilmu,seperti ketika memfasilitasi kelompok keinginan yang paling besar dari kami,bagaimana kelompok tersebut bisa meminjam dana untuk menambah modal usahanya dan kemudian berkembang usahanya. Siapapun yang menjual pasti berharap uangnya bisa berkembang (Do not put trust on your money but put your money ).Jangan perna mempercayai uang anda,melainkan percayakan uang anda untuk

berkembang. Jika kelompok SPP PNPM biasanya  menggolongkan kategori perkembangan kelompok  sebagai kelompok Pemula,berkembang dan matang,maka kami akan mencoba menganalisis untuk menilai atau  menggolongkan  jenis usaha,skala usaha dan produk yang akan dijual,permasalahan  serta strateginya :
Pertama, Usaha Pabrikasi ( manufacturing) menjual produk yang dihasilkan sendiri contoh industry sepatu,tas,mukena dsb.permasalahan kelompok tidak bisa  memasarkanya,maka diperluhkan strategi penjualan direct selling yaitu sipenjual  mendatangi calon pembeli,menawarkan produk dan sekaligus menjualnya.
Text Box: Usaha  Trading anggota  Kel./menjual kebutuhan sehari-hari  (Kel. SPP Ayam Gagak)


Kedua,Usaha Perdagangan (Trading) membeli sebuah produk,lalu menjualnya kembali dengan mengharapkan keuntungan contoh anggota kelompok membeli pakaian kemudian menjualnya kembali. Permasalahan dalam anggota kelompok hanya menjual tidak tahu segmenya. Akibatnya barangnya banyak yang tidak laku .maka strategi yang diperluhkan adalah harus jelas Potensial Marketnya,artinya mengetahui  orang yang akan membeli produk yang kita jual sekaligus memiliki kemampuan untuk membelinya.jangan hanya menjual tapi tidak mengetahui siapa yang akan membeli (segmen).
Text Box: Usaha Jasa Anggota kelompok/Rental TV Kabel ( kelompok SPP Rezeki)


Ketiga,Jasa ( Service) Usaha ini bisa menghasilkan namun lebih menfokuskan pada pelayanan atas produk tersebut,contoh Fotocopy,rental,restoran dsb, permasalahan yang sering ada dikelompok hanya menfokuskan kepada penjualan tidak berusaha meningkatkan pelayanananya sehingga pembeli mudah pindah ke tempat yang menawarkan pelayanan yang prima. maka strategi yang sesuai untuk usaha jasa adalah peningkatan pelayanan yang lebih cepat,ramah dan tepat waktu serta perbaikan bukti fisik yang langsung dilihat oleh pembeli seperti interior ruangan ,kebersihan.
Keempat,Agrobisnis,jenis usaha yang berkaitan erat dengan pengolahan kekayaan alam baik nabati maupun hewani misalnya usaha perkebunan, pertanian. Dikelompok SPP pun,mudah kami temui,kaum perempuan mengolah hasil kebunnya seperti sayuran kemudian menjualnya, namun permasalahan yang ada dikelompok kesulitan mendistribusikannya karena biasanya faktor jarak,waktu dan untuk hal tersebut diperluhkan strategi distribusi yang efektif dan tepat  dengan cara menghubungkan jaringan yang lebih luas antara petani ke pedagang perantara dan pedagang besar.  Analisis yang tepat dan obyektif mengenai jenis usaha dan potensi usaha kelompok SPP membuat kita memilih strategi yang tepat untuk pengembangan usaha kelompok . (FK Watang Sidenreng, Sidrap)


0 comments:

Post a Comment